Blogger Widgets
Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Jumat, 08 November 2013

PROSES KREATIF



Teori tentang Proses Kreatif

Teori Wallas
Salah satu teori tradisional yang sampai sekarang banyak dikutip ialah teori Wallas yang dikemukakan tahun 1926 dalam bukunya The Art of Thought (Piirto,1992), yang menyatakan bahwa proses kreatif meliputi empat tahap, yaitu :
1.      Persiapan
Pada tahap pertama, seseorang mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah dengan belajar berfikir, mencari jawaban, bertanya epada orang dan sebagainya. Kami dari kelompok 1 awalnya sangat bingung dengan tugas kelompok yang akan kami performkan nanti. Namun, setelah berpikir dan kebetulan kami melihat video di you tube yang sangat menarik yaitu tarian tangan cup song. Awalnya tarian kami ragu, kami mampu atau tidak untuk menampilkan gerakan tangan dikreasikan dengan gelas serta mengikuti irama lagu yang dimainkan.

2.      Inkubasi
Tahap Inkubasi ialah tahap dimana individu seakan-akan melepaskan diri untuk sementara sari masalah tersebut, dalam arti bahwa ia tidak memikirkan masalahanya secara sadar tetapi “mengeraminya” dalam alam pra sadar. Tahap ini penting dalam menimbulkan inspirasi.
Di tahap inilah kami semua masih bingung dengantugas kelompok yang akan kami performkan nanti,tetapi ada beberapa hari dimanakami tidakmembicarakan halitu lagi. Kemudian pada saat yang dibutuhkan kami menyetujui untuk menggunakan cup song sebagai jawaban dari tugas kelompok kami.
3.      Iluminasi
Dalam Munandar (2009;39) dijelaskan bahwa tahap iluminasi adalahtahap timbulnya "insight" atau "Aha-erlebnis", saat timbulnya inspirasi atau gagasan baru, beserta proses-proses psikologis yang mengawali dan mengikuti munculnya inspirasi/gagasan baru.
Tahap ini terjadi setelah melewati tahapan persiapan dan inkubasi. Tahap ini juga tentu terjadi pada kelompok kami. Masing-masing individu pasti mengalami proses ini. Pada tahap awal sudah dijelaskan bahwa kelompok dan masing-masing individu berpikir apa yang akan ditampilkan pada perform lalu mengeram masalah tersebut. Setelsh melalui berbagai proses, maka muncullah ide tersebut pada masing-masing individu. Tahap inilah yang disebut dengan tahap iluminasi. Setelah masing-masing individu mendapatkan ide maka kami pun berdiskusi mengenai apa yang akan ditampilkan. Proses diskusi tidak berlangsung lama karena minat masing-masing individu hampir sama.


4.      Verifikasi
Pada tahap keempat yaitu verfikasi dimana pada tahap ini ide atau kreasi baru diuji terhadap realitas. Mengingat mata kuliah kreativitas ini sangat menekankan pada ide-ide menarik yang harus dikembangkan maka kami mencoba membuat sebuah pertunjukan yang menampilkan budaya dari masing-masing anggota kelompok. Kreasi cup-song yang mulanya banyak ditampilkan untuk lagu-lagu barat kini kami akan coba tunjukkan dengan variasi berbeda yaitu dengan lagu-lagu daerah asli Indonesia. Menurut kami, ide ini dapat dilangsungkan dengan baik dan akan menjadi suatu penampilan yang menarik.

0 komentar:

Posting Komentar