Blogger Widgets
Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Rabu, 13 November 2013

KARYA KREATIF PRIBADI



ROSE TISSUE UNTUK MAMA..

Di suatu senja terlihat seorang anak gadis yang basah kuyup karena kehujanan, dia baru saja pulang dari sekolah. Umurnya masih belia namun kedewasaannya telah banyak yang memuji. Biasanya ia dipanggil desi, .kehidupannya yang serba kekurangan menuntut nya untuk mengerti dan berusaha untuk tidak menyusahkan oranglain terutama orangtuanya. Ia biasanya membantu bukde nya melayani tamu-tamu yang hadir di sebuah rumah makan sederhana milik bukde nya. Dari situlah ia dapat belajar menghargai semua yang ada namun tak bisa dibeli seperti kesabaran, kasih sayang, pengertian serta waktu. Sudah beberapa tahun ini ia kehilangan kasih sayang seorang ayah namun itu sama seklai tidak menyurutkan semangatnya, ia sadar ia masih punya seorang ibu yang sangat membutuhkan kekuatannya. Ia menyembunyikan air matanya saat didepan ibunya saat mereka bercerita tentang curamnya kehidupan yang memang seharusnya mereka lalui bersama. Namun, ketika sang matahari sudah enggan melihatkan keindahannya, barulah kesedihan itu menampakkan wujudnya dengan malu-malu. Awalnya dari ujung dan lama kelamaan membasahi bantal nya yang biasanya ia gunakan untuk menutupi kesedihan itu. Andai bantalnya mampu berbicara, maka ia lah saksi terjujur yang akan mengatakan semua kegundahan itu.  
            Keesokkan harinya ia bangun dengan terburu-buru karna waktu sudah dari dini mengejarnya dan menyuruhnya melakukan yang seharusnya ia biasa lakukan. Pagi yang cerah buat orang-orang yang selalu bersemngat seperti Desi. Ibunya sudah dari subuh berangkat ke ladang untuk membersihkan rumput-rumput yang mengganggu tanaman majikannya. Hari itu jalanan sangat sibuk, wajarlah namnya juga hari senin dan Desi juga ga mau kalah dengan para kernet bus yang dari tadi memanggil-manggil penumpang dengan menyebutkan arah tujuan. Di dalam bus, ia melihat seorang loker korang sedang menyodorkan korannya, tanpa sengaja ia melihat tanggal koran itu dan berhasil merekam apa yang ia lihat. Dalam hati, ia mengeluh ternyata hari ini adalah tanggal 16 Desember dimana esok adalah hari ulangtahun nya. Biasanya ia melewatkan hari kelahirannya itu dengan bekerja atau berlomba dengan waktu sehingga dengan cepat ia melupakan hari istimewa yang bagi semua orang adalah ahri yang bersejarah  yang biasanya dirayakan dengan mewah dan megah. Dengan segera ia melupakan semua andaian-andaian yang ada di area imajinasinya itu, langsung teringat wajah kusam ibunya diikuti cucuran keringat kasih sayang yang setiap harinya mengasihi ia. Setelah menahan diri beberapamenit didalam bus, akhirnya ia sampai di tempat yang ia tuju yang selama ini telah banyak membantunya. Tempat itu telah ramai dikunjungi oleh orang- orang dengan menggunakan pakaian coklat dan sangat rapi serta terlihat sangat pintar. Hari yang sangat melelahkan ditemani dan disemangati oleh keinginan untuk bangkit dari kegelisahan yang setiap malam selalu membuatnya menjatuhkan air matanya. Ia yakin semuanya akan indah pada waktunya apabila ia telah berusaha serta berdoa kepada zat yang maha sempurna yang telah mengizinkannya melihat keindahan dunia dan menghadirkan bidadari yang selalu menemaninya.
Di perjalanan pulang ia melewati toko bunga, bunga-bunga yang sangat indah sayangnya tak seindah kehidupan yang ia jalani. Ia sangat tertarik oleh mawar merah yang sedang mekar bak gadis perawan. Namun ia sadar uang tabungannya bukan untuk itu, ia selalu menyisihkan hasil keringatnya untuk membantali setiap pengeluaran sehari-hari. Sehingga ia harus mengurungkan niatnya untuk membeli setangkai mawar yang akan ia berikan kepada seseorang yang amat ia puja-puja seumur hidupnya..
17 Desember...
Seperti biasanya, pagi-pagi buta ia sudah duduk manis didalam bus dan kebetulan pagi itu ibunya sedang meriang karna kelelahan dan ketika ibunya hendak kekamar mandi, ia melihat sebuah surat dan diatasnya terlihat beberapa mawar yang terbuatdari tisu yang isinya..

Ma..
Hari ini usia ku genap 17 tahun
Aku sama sekali tidak menginginkan sebuah pesta meriah atau apapun untuk merayakan kelahiranku
Bagiku kehidupan yang selama ini aku lalui bersama mama adalah hadiah terindah yang Tuhan berikan kepadaku
Ma..aku mau bilang makasih kepada mama karna mama udah ngajari aku arti kehidupan
Aku juga mau minta maaf sama mama karna selama ini aku telah membebanimu dengan ulah-ulah egois ku
Maaf ma karna selama ini aku belum bisa ngasi barang-barang berharga  buat mama
Belum bisa buat mama bangga sama aku
Aku Cuma bisa ngasi setangkai mawar yang aku buat dari tissu ketika mama terlelap
Mawar itu aku buat untuk menggambarkan mama ..
Aku buat dari tissu karna mama selalu menghapus kesedihanku, menghapus air mata yang selalu membasahi pipiku ketika aku mulai menyerah dan mama rela berpanas-panasan dan mengusamkan diri demi aku demi aku sekolah..
Dan aku membuatnya menjadi bunga mawar karna mama adalah hal yang terindah yang pernah aku miliki ,duri-duri itu yang selalu menguatkanku untuk tegar menghadapi kerasnya kehidupan. Mama adalah malaikat yang paling sempurna yang Ia turunkan untuk menemaniku.
Terimakasih ma untuk waktu yang tak singkat ini dan telah  mengajariku arti indahnya kehidupan
Tanpa mama aku nggak akan seperti ini
Terimkasih karna telah menjadi lampion kecil untukku yang selalu menghiburku, menerangi dalam kegelapanku dan menunjukkan peta kehidupan yang harus kita lalui bersama. 
                                                                     
                                                                      Desi

          Dengan segera surat kecil itu basah olehairmata kebahagiaan, kebanggan karna telah memiliki putri kecil yang sangat menyayangi nya. Dengan memeluk surat yang ditulis oleh anaknya, ia berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar anaknya menjadi seseorang yang ia impikan dan mampu membantu orang lain dengan kebijaksanaan dan kerendahan hatinya.


TAHAP-TAHAP PEMBUATAN ROSETISSUE

1. LANGKAH 1


2. LANGKAH 2
3. LANGKAH 3



4. LANGKAH 4






5. LANGKAH 5




6. LANGKAH 6



7. LANGKAH 7




PRODUK KREATIF






Pembentukkan Pribadi Kreatif ditinjau dari teori 4P :
1.   Person
Di sini saya menggunakan teoridari Carl Jung yang percaya bahwa ketidaksadaran memainkan peranan yang amat oenting dalam kreativitas tingkat tinggi. Dariketidaksadaran kolektif ini timbul penemuan, teori, seni dan karya-karya baru lainnya. Proses inilah yang menyebabkan kelanjutan dari eksistensi manusia.
2.  Press
Motivasi saya dalam membuat rose tissue adalah motivasi interinsik dmana dorongan itu berasal dari diri saya sendiri yang merupakan motivasi primer untuk kreativitas, ketika individu membentuk hubungan-hubungan beru dengan lingkungannya dalam upaya menjadi dirinya sepenuhnya.
3.  Proces
Di sini saya akan menggunakan teori Wallas yang meliputi empat tahap yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi.
-         Persiapan
Di sini saya mempersiapkan jawaban dengan belajar berpikir, mencari jawaban dengan cara bertanya kepada orang lain atau sebagainya.
-         Inkubasi
Tahap dimana individu  seakan-akan melepaskan diri untuk sementara dari masalah tersebut. Disini saya menahan imajinasi saya dahulu dan mengeramnya dalam alam pra sadar.
-         Iluminasi
Tahap timbulnya “insight” atau “Aha-Erlebrans”, saat timbulnya inspirasi atau gagasan baru, beserta proses-proses psikologis yang mengawali munculnya inspirasi.
Disini , imajinasi yang awalnya saya eram saya coba keluarkan bersama dengan insight-insight yang baru..
-         Verifikasi
Tahap dimana ide atau kreasi baru tersebut harus diuji terhadap realitas.
Produk yang saya hasilkan kemudian saya uji realitasnya.

4.  Product
Cropley menekankan bahwa perilaku kretif memerlukan kombinasi antar ciri-ciri psikologis yang berinteraksi sebagi hasil dari berpikir konvergen dan atau inteligensi.





 

      




“ CERITA TENTANG IBU”

Pribadi seorang ibu amat sangat diagungkan ,dia seorang yang sabar menanti,memberi kasih dan juga sang guru yang gelar tertinggi pun tak mampu menggambarkan seorang Ibu.Tak perlu harus diberi reinforcement atau reward.Namun,ia yang selalu menantikan kelahiran anaknya sampai nyawa lah taruhannya,menimangnya,mengasihinya,mengajarinya walaupun sesungguhnya ia tak mengenyam pendidikan yang tinggi.Namun,itulah ibu ,yang selalu memotivasi anak-anaknya.Menceritakan cerita-cerita yang membuat anak-anaknya untuk maju dan bergegas bangkit saat diri ini terasa rata dengan bumi.Sampai kapanpun Ibu tetaplah Ibu yang akan menyayangi anaknya.
Tanpa adanya paksaan atau ganjaran apapun dengan kenakalan anaknya ,ia tetap menjadi seorang motivator tanpa bayaran dan sangat handal dibidangnya agar anaknya tidak mengalami kesusahan di masa depannya nanti.Dorongan itu timbul dari dalam diri dan dilaksanakan dengan sepenuh hati.
Situasilah yang menuntutnya untuk mengisi lembar-lembar kosong dengan penuh kerapian dan ketelitian agar coretan yang dilukiskan terlihat baik tanpa adanya noda seperti punya ia dulu.Niat yang  kuat dalam hati tak pernah padam seperti api dalam neraka.Namun,panasnya yang membuat kesejukan kita di dunia dan akhirat.
Setiap hari dan sampai ia akan terlelap pun,ia tetap memberikan wejangan kepada anaknya.Agar anaknya dapat mewujudkan mimpi yang setiap malam ia mimpikan.Walau harus terbangun di tengah malam hanya untuk menemani dan menghapus setiap bulir air mata yang jatuh di sudut mata ini.Yah,begitu lah wujud nyata seorang ibu yang sebenarnya adalah peri cantik berhati mulia walaupun kerutan-kerutan itu menutupi sebagian muka dan tubuhnya.Menjadi seorang teman yang terkadang usianya lebih muda dari kita hanya untuk membuat anaknya nyaman dan berbagi sedikit pengalaman dan cerita-cerita yang sebenarnya sangat ingin ia dengar .Namun ,kelelahan anaknya setelah melakukan aktivitas seharian mampu membuat ia meneteskan air mata .Dan apakah kita ada disana untuk menghapus air mata itu? Hanya diri sendiri yang mampu menjawabnya dan apakah kita akan seperti itu terus?
Dan ketika tanggungjawab itu telah diambil alih oleh teman hidup kita ,apakah kalian tahu bagaimana kesedihan yang ia rasakan untuk melepaskan seorang anak yang selalu menyebalkan  itu?
Yah,dia akan sangat sedih .Namun,bukan karna kita yang menyebalkan itu ,tapi..karna ia tak bisa lagi dekat dengan kita,menghapus air mata kita serta membacakan cerita-cerita kehidupannya untuk kita.Itu yang ia khawatirkan ketika kita mulai mengenal lawan jenis kita.Seorang ibu bukanlah siklus organisasi yang setelah dikenal oleh konsumen langsung meroket dan kemudian melakukan terjun payung.Namun,ibu adalah jalan lurus yang meninggi dan tanpa batas dan ia takkan pernah melihat kebelakang sehingga ia tetap selalu maju kedepan dan takkan pernah mundur seiring pertambahan usia kita.

Ibu bukanlah perusahaan Unilever yang menghasilkan banyak produk.Namun ,ia adalah sebuah lampu dijalan gelap dan sunyi dan ia sendirian tanpa ditemani siapapun atau apapun karna tidak ada yang mampu berdiri sejajar dengan dia ataupun menggantikannya.
Walaupun anaknya nanti tidak memuaskan bagi anak itu sendiri,namun untuknya anaknya tetaplah seorang pahlawan yang kemanapun atau dimana pun tetap ia banggakan.Sekali pun anaknya telah berhasil mengeluarkan air mata nya yang selama ini telah ia bendung dengan hebatnya agar terlihat kokoh di hadapan air yang mencoba menghancurkannya.
Dan kebanggaan itu bertambah dengan melihat anaknya memakai atribut yang selama ini mereka impikan bersama.
Ibu adalah produk dari kebesaran Tuhan yang tak ternilai dengan apapun dan dimanapun serta sampai mata itu tertutup dan takkan mengeluarkan bulir-bulir air mata yang selama ini ia jatuhkan untuk mewujudkan mimpi indah itu.

Selamat Membaca :”)

18 komentar:

Unknown mengatakan...

Byuti ceritanya bagus plus menyentuh kali. Ibu memang segalanya dan tak ternilai oleh apapun byuti:) good

ASMIA HADI mengatakan...

Buti tissunya mantep yaa ntar ajarin buat yaa,

Unknown mengatakan...

keren ya rosetissue nya..
kapan-kapan ajari iin cara buat nya ya byut.
salam kreatif

Unknown mengatakan...

ternyata tissu bisa dibuat jadi mawar.. keren yah byuti..
apa lgi surat untuk mama nya..menyentuh banget:)

Eka Sartika mengatakan...

Rose Tissue-nya terkesan elegan lho, Byuti... Jika dikaitkan dengan cerita tentang Desi yang ada di atas, mawar tisu itu bukan hanya sekedar hiasan. Tapi mawar tisu itu mempunyai makna yang dalam. Mawar tisu itu diberikan Desi kepada Mamanya karena Mama selalu menghapus kesedihan Desi saat ia mungkin sudah lelah pada kehidupaanya.

Benar sekali yang dikatakan Emon, Ibu adalah segalanya :")

BYUTI RIDHA ANDINI mengatakan...

RT emon sama eka..Mama adalah segalanya, makasih uda mampir ud blog byuti {}

bareta mengatakan...

bisa di buat yg lain lgi gak...? klo bisa aku acungin jempol

Livi Yohana mengatakan...

cantik rose tissuenya sesuai dengan nama yang buat, hahha
dari penghantarnya, sangat kuat motivasi internalnya sehingga ia dapat menciptakan suatu karya yang unik dan kreatif.
hal yang dianggap biasa bisa menjadi luar biasa karena adanya dorongan dari diri kita (person) untuk menciptakan suatu yang luar biasa
terus berkarya byuti

Yulli Miata Fanny mengatakan...

karya kreatifnya banyak sekali byuti hehe.
bener, pengantar karyanya sangat mengharukan. cara kamu mengemas cerita diikuti oleh tutorial, sangat unik. gak terpikirkan.
good job dek^^

hagarls mengatakan...

kalo ngebahas tentang ibu jadi speechless haha
ide byuti sangat sangat sangat menyentuh :))

Laura Marshaulina Malau mengatakan...

selalu terharu jika selalu membahas ttg ibu..
jadi kangen deh sma mama....^_^
rose tissue nya keren juga ya dek
smoga kk juga terinspirasi buatnya sperti itu,..
hehehe..

trymay syarah mengatakan...

Aaaa byuti sampe terharu ni jadinya baca cerita byuti :(
Terus tisu bisa dibuat jadi bunga? trymay gak pernah tepikir sampe situ hehe keren. welldone, byuti! :)

muhammad ikhwan nasution mengatakan...

mantap ,,
terus tunjuk kan bakat- bakat kamu selanjut nya,
:)

Uma Gazala mengatakan...

wah byuti karya kreatifnya banyak yaa. good job :D
ceritanya lumayan menyentuh :')
kapan2 ajarin buat bunga dari tisunya yaa. tetap kreatif!!

Unknown mengatakan...

byuti, karyanya menyentuh ya:) memadukan cerita dengan karya menjadi satu kesatuan yang sangat baik untuk dinikmati pembaca. Ceritanya juga menginspirasi. Good job byuti:)

Chairuna Syahputri Nst mengatakan...

Nangis bacanya.. hiixx !!

pernah buat juga mawar dari tisu, tp agak brantakan hasilnya.. hihihii...

Dara Permata Sari mengatakan...

Kereeen byuti :D
Ceritanya, bunganya, manis dan menyentuh :)

121301003 Retno kustina mengatakan...

waaah byuti kreatif bangeett :)
ajarin dong buat rose nya :D

Posting Komentar