Blogger Widgets
Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Kamis, 25 April 2013

Pendidikan Anak Usia Dini

















PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

          PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)  ADALAH “SUATU UPAYA PEMBINAAN YANG DITUJUKAN KEPADA ANAK SEJAK LAHIR SAMPAI DENGAN USIA 6 TAHUN YANG DILAKUKAN MELALUI PEMBERIAN RANGSANGAN PENDIDIKAN UNTUK MEMBANTU PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN JASMANI DAN ROHANI AGAR ANAK MEMILIKI KESIAPAN DALAM MEMASUKI PENDIDIKAN LEBIH LANJUT”  
                  (UU No 20 Th 2003, Ps. 1, Butir 14)
        Sedangkan tujuan umum  PAUD itu sendiri  yaitu Membantu mengembangkan seluruh potensi dan kemampuan :
            “ Fisik, intelektual, emosional , moral & agama  secara optimal dalam lingkungan pendidikan yang kondusif, demokratis & kompetitif.
Dan tujuan umum nya yaitu Menggerakkan keterampilan motorik baik kasar maupun halus.
        Namun,dibalik tujuan-tujuan PAUD itu sendiri masih tersimpan banyak masalah-masalah yang mengganggu berjalannya paud dengan optimal.Permasalahan-permasalahan itu antara lain kurangnya fasilitas belajar,kurangnya kualitas guru dan kompensasiuntuk para  guru masih di alami(kompas.com).
Permasalahan-permasalahan tersebut merupakan kendala tersendiri, padahal pendidikan anak usia dini (PAUD) sangatlah penting, karena PAUD merupakan pondasi pengembangan kualitas anak di masa mendatang.
Menurut saya, Pemda memahami strategisnya pendidikan usia dini untuk membentuk generasi yang cerdas.Dikarenakan  50 persen kapasitas kecerdasan saat dewasa dibentuk saat seseorang berusia empat tahun. Tentu saja, dibentuk melalui suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar dari pengalaman sehari-hari.

Setelah itu terjadi perkembangan jaringan otak yang pesat mencapai 80 persen ketika anak usia delapan tahun dan mencapai puncaknya pada usia l8 tahun. Momen tersebut tidak dapat diulang,
karena setelah itu meskipun dilakukan perbaikan nutrisi tidak akan berpengaruh pada perkembangan kognitifnya.
Pentingnya PAUD dinilai menjadi tanggung jawab bersama dari pihak pemerintah, masyarakat, institusi PAUD dan orangtua untuk menanggulangi kendala-kendala yang ada. Dengan demikian, terbentuk generasi muda yang berbudi luhur, sopan santun, memiliki daya kreasi, pandai dan nasionalis.
        Sementara itu masih ada permasalahan-permasalahan PAUD yang sampai sekarang masih dilakukan oleh pengajar paud diantaranya Anak dituntut agar bisa membaca,menulis dan berhitung padahal tujuan khusus paud itu sendiri adalah mengembangkan motorik halus dan kasarnya.Ini jelas saja telah melanggar tujuan khusu paud itu sendiri.
Namun,banyak orangtua yang belum sadar dan malah bangga dengan anaknya yang bisa membaca dan menulis di usia dini mereka yang seharusnya dilakukan untuk bermain dan berkreasi.Ini akan berakibat kepada anaknya sendiri ,ditakutkan dewasa nanti anak akan bosan dengan pelajaran dan malah bermain di usia yang seharusnya ia harus belajar.
Permasalah lain mengenai PAUD adalah kurangnya kesadaran para orangtua tentang pentingnya PAUD.Ini masih terjadi di daerah-daerah terpencil Indonesia.Orangtua menganggap PAUD hanya akan menghabiskan biaya dan tidak memilki tujuan yang pasti.Jelas saja ini sangat tidak benar karena di usia 0-8 tahun merupakan usia yang memilki banyak potensi,sedari itu kita sebagai orangtua harus mengembangkan potensi –potensi yang ada di diri anak.Karena,biasanya potensi itu tidak dapat terlihat hanya dengan kehidupan sehari-hari tanpa pengembangan khusus.
Saya harap pemerintah kita dapat dengan tegas menyelesaikan masalah-masalah yang ada di PAUD ini demi generasi penerus bangsa yang berakal dan berakhlak.Dan juga dapat mensosialisasikan program PAUD ke seluruh daerah di Indonesia karena pendidikan merupakan hak wajib bagi seluruh anak Indonsesia. 

Majukan Pendidkan Indonesia yang berorientasi Berakal dan Berakhlak





1 komentar:

Chaidir.Web.ID mengatakan...

Yuuk mampir yaa ^_^.. http://j.mp/psikotestIQ

Posting Komentar