Blogger Widgets
Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Kamis, 20 Maret 2014

[ANDRAGOGI] METODE POD



METODE PENDIDIKAN ORANG DEWASA

            Metode pendidikan orang dewasa sebaiknya dipilih berdasarkan tujuan pendidikan, yang pada garis besarnya dapat dibagi menjadidua jenis yaitu :
1.      Membantu orang mendata pengalaman masa lalu yang dimilikinya melalui cara baruu seperti konsultasi, latihan kepekaan, dan beberapa jenis latihan    manajemen yang membantu individu unuk dapat lebih memanfaatkan apa yang telah diketahuinya.
2.      Memberikan pengetahuan atau keterampilan baru, yakni mendorong individu untuk meraih pengetahuan atau keteramppilan yang lebih baik daripada pengetahuan atau keterampilan yang sudah dimilikinya.

Posisi atau sifat pengalamn belajar dalam kontinumm proses belajar dapat mempengaruhi beberapa hal sebagai berikut :
1.      Persiapan dan orientasi bagi proses belajar
2.      Suasana dan kecepatan belajar
3.      Peran dan sikap pembimbing
4.      Peran dan sikap peserta didik
5.      Metode yang diterapkan agar usaha belajar berhasil
Pemilihan Jenis Pertemuan
1.      Institusi
Adalah terjemahan dari institution. Mereka yang ikut dalam institusi adalah orang yang tertarik dalam bidang khusus.
Suatu institusi memerlukan pengorganisasian dan tindak lanjut supervisi yang baik dengan dipimpin oleh orang yang ahli dalam melaksanakan program dan mendelegasikan tanggung jawab sehingga mampu menggunakan berbagai macam teknik kelompok untuk mendorong partisipasi individu. Suatu institusi harus ada perencanaan, panitia pelaksana, dan evaluasi akhir.
Keterbatasan institusi yakni tujuan akhirnya sering tidak tercapai. Dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mengorganisasikan suatu institusi dan melihat perkembangannya, ada beberapa perencana yang tidak mau menyisihkan waktunya untuk keperluan itu.
2.      Konvensi
Konvensi seperti institusi, adalah kumpulan dari peserta. Bedanya adalah peserta datang dari kelompok lokal yang yang merupakan organisasi orangtua baik dari tingkat kabupaten, provinsi ataupun tingkat nasional.
Salah satu manfaat utama konvensi adalah memberikan peserta secara individual kesempatan melihat organisasi sebagi suatu badan penting dimana ia mengidentifikasikan dirinya.
Kelemahan konvensi adalah jika pelaksanaan  kurnag baik, maka tidak dapat memberrikan motivasi kepada peserta. Ada kemungkinan manipulasi di belakang layar dan aksi mob akan mengganggu jalannya secar normal.


3.      Konferensi
Konferensi adalah pertemuan dalam kelompok  besar maupun  kelompok kecil. Jumlah peserta dalam kelompok besar maupun kelompok kecil 2-50 orangg. Biasanya, jumlah peserta konferensi tidak sebanyak peserta institusi. Ciri khusus konferensi yang lain adalahdiikuti dengan kata sebuatan yang menunjukkan   tema konferensi.
4.      Lokakarya (workshop)
Seperti yang tersirat, lokakarya berarti kerja. Lokakarya adalah pertemuan orang yang bekerja sama dalam kelompok kecil, biasanya dibatasi oleh masalah yang berasal dari mereka sendiri. Susuann acara lokakarya meliputi identifikasi masalah dengan menggunakan referrensi dan materi latar belakang yang cukup tersedia.
Lamanya lokakarya tergantung pada besarnya tugas yang harus diselesaikan. Jangka waktu bervariasi antara tiga hari sampai tiga minggu. Jumlah staf pelaksana bervariasi dari satu sampai lima atu enam orang.
Dalam lokakarya orang yang diundang terbatas, kecuali jiak peserta dapat terus hadir mulai dari lokakarya dimulai sampai selesai. Lokakarya memerlukan perencanaan sedemikian rupa sehingga peserta tidak hanya menerima begitu saja apa yang diputuskan tanpa banyak berpikir dan menjadi orang luar, tetapi peserta dapat terlibat secra penuh dan dapat mengembangkan diri.
5.      Seminar
Seminar secara umum dikenal sebagia  lembaga belajar. Istilah yang sangat biasa digunakan dalam kampus. Jumlah peserta biasanya sangat sedikit, mungkin tidak lebih dari lima puluh orang. Maksud seminar adalah untuk mempelajari ssubjek dibawah   seorang pemimpin yang menguasai bidang yang diseminarkan.
Salah satu pembatas dalam jenis pertemuan ini adalah pendeknya waktu (biasanya satu atau dua jam) untuk mengembangkan suatu ide atau konsep. Seminar tidak dapat digunakan secara universal karena beragamnnya latr belakang orang.
6.      Kursus kilat
Kursus kilat merupakan institusi yang sangat intensif selama satu hari atau lebih tentang beberapa subjek khusus. Kursus tersebut terbatas bagi kelompok   khusus dan temanya    jarang sekali mempunyai daya tarik yang universal. Sulit bagi perencana untuk     mengembangkan program yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan setiap ornag yang terkait.
7.      Kuliah Bersambung
Kuliah bersambung adalah suatu rangkaian penyajianyang diberikan oleh dosen dengan periode waktu satu kali per hari satu kali per minggu atau satu kali per tahun.
Keterbatasan kuliah bersambung adalah dosen harus bekerja keras untuk mempersiapkan materinya. Ia tidak pernah yakin dapat mencapai oang dan sering harus “belajar bekerja keras” karena pengalaman menurunnya jumlah hadirin.
8.      Kelas formal
Kelas formal dalam pendidikan orang dewasa biasanay bergabung dengan program sekolah. Mereka yang hadir telah menyatakan minat mereka dan telah mendaftar, membayar uang pendaftaran dan setuju terikat denga peraturan program institusi.
9.      Diskusi Terbuka
Diskusi terbuka dianggap sebagai salah satu jenis pendidikan orang dewasa yang sangat penting. Tersirat bahwa mereka yang berperan aktif adalah orangg yang cukup ahli di dialm proses kelompok untuk memanfaatkan teknik secara penuh.
Merencanakan Pertemuan
1.      Tahap pendahuluan untuk menghbungi orang
2.      Cara menerima peserta
3.      Apa yang akan terjadi dalam pertemuan
4.      Cara mengevaluasi pertemuan

1 komentar:

nasseenagele mengatakan...

The Casino Guide 2021 - Real money casinos - Poormans
The Casino Guide is dedicated to all aspects of online gambling 검증사이트목록 and 피망 슬롯 머신 casinos 도박 사이트 that you should know about. Learn everything you need 999betasia to know before 뱃365 you start playing.

Posting Komentar