METODE
PENDIDIKAN ORANG DEWASA
Metode pendidikan orang dewasa sebaiknya dipilih
berdasarkan tujuan pendidikan, yang pada garis besarnya dapat dibagi menjadidua
jenis yaitu :
1.
Membantu orang mendata pengalaman masa
lalu yang dimilikinya melalui cara baruu seperti konsultasi, latihan kepekaan,
dan beberapa jenis latihan manajemen
yang membantu individu unuk dapat lebih memanfaatkan apa yang telah
diketahuinya.
2.
Memberikan pengetahuan atau keterampilan
baru, yakni mendorong individu untuk meraih pengetahuan atau keteramppilan yang
lebih baik daripada pengetahuan atau keterampilan yang sudah dimilikinya.
Posisi atau sifat
pengalamn belajar dalam kontinumm proses belajar dapat mempengaruhi beberapa
hal sebagai berikut :
1. Persiapan
dan orientasi bagi proses belajar
2. Suasana
dan kecepatan belajar
3. Peran
dan sikap pembimbing
4. Peran
dan sikap peserta didik
5. Metode
yang diterapkan agar usaha belajar berhasil
Pemilihan Jenis
Pertemuan
1.
Institusi
Adalah
terjemahan dari institution. Mereka yang ikut dalam institusi adalah orang yang
tertarik dalam bidang khusus.
Suatu
institusi memerlukan pengorganisasian dan tindak lanjut supervisi yang baik
dengan dipimpin oleh orang yang ahli dalam melaksanakan program dan
mendelegasikan tanggung jawab sehingga mampu menggunakan berbagai macam teknik
kelompok untuk mendorong partisipasi individu. Suatu institusi harus ada
perencanaan, panitia pelaksana, dan evaluasi akhir.
Keterbatasan
institusi yakni tujuan akhirnya sering tidak tercapai. Dikarenakan membutuhkan
waktu yang cukup lama dalam mengorganisasikan suatu institusi dan melihat
perkembangannya, ada beberapa perencana yang tidak mau menyisihkan waktunya
untuk keperluan itu.
2.
Konvensi
Konvensi
seperti institusi, adalah kumpulan dari peserta. Bedanya adalah peserta datang
dari kelompok lokal yang yang merupakan organisasi orangtua baik dari tingkat
kabupaten, provinsi ataupun tingkat nasional.
Salah
satu manfaat utama konvensi adalah memberikan peserta secara individual
kesempatan melihat organisasi sebagi suatu badan penting dimana ia mengidentifikasikan
dirinya.
Kelemahan
konvensi adalah jika pelaksanaan kurnag
baik, maka tidak dapat memberrikan motivasi kepada peserta. Ada kemungkinan
manipulasi di belakang layar dan aksi mob akan mengganggu jalannya secar
normal.
3.
Konferensi
Konferensi
adalah pertemuan dalam kelompok besar
maupun kelompok kecil. Jumlah peserta
dalam kelompok besar maupun kelompok kecil 2-50 orangg. Biasanya, jumlah
peserta konferensi tidak sebanyak peserta institusi. Ciri khusus konferensi yang
lain adalahdiikuti dengan kata sebuatan yang menunjukkan tema konferensi.
4.
Lokakarya (workshop)
Seperti
yang tersirat, lokakarya berarti kerja. Lokakarya adalah pertemuan orang yang
bekerja sama dalam kelompok kecil, biasanya dibatasi oleh masalah yang berasal
dari mereka sendiri. Susuann acara lokakarya meliputi identifikasi masalah
dengan menggunakan referrensi dan materi latar belakang yang cukup tersedia.
Lamanya
lokakarya tergantung pada besarnya tugas yang harus diselesaikan. Jangka waktu
bervariasi antara tiga hari sampai tiga minggu. Jumlah staf pelaksana
bervariasi dari satu sampai lima atu enam orang.
Dalam
lokakarya orang yang diundang terbatas, kecuali jiak peserta dapat terus hadir
mulai dari lokakarya dimulai sampai selesai. Lokakarya memerlukan perencanaan
sedemikian rupa sehingga peserta tidak hanya menerima begitu saja apa yang
diputuskan tanpa banyak berpikir dan menjadi orang luar, tetapi peserta dapat
terlibat secra penuh dan dapat mengembangkan diri.
5.
Seminar
Seminar
secara umum dikenal sebagia lembaga
belajar. Istilah yang sangat biasa digunakan dalam kampus. Jumlah peserta
biasanya sangat sedikit, mungkin tidak lebih dari lima puluh orang. Maksud
seminar adalah untuk mempelajari ssubjek dibawah seorang pemimpin yang menguasai bidang yang
diseminarkan.
Salah
satu pembatas dalam jenis pertemuan ini adalah pendeknya waktu (biasanya satu
atau dua jam) untuk mengembangkan suatu ide atau konsep. Seminar tidak dapat
digunakan secara universal karena beragamnnya latr belakang orang.
6.
Kursus kilat
Kursus
kilat merupakan institusi yang sangat intensif selama satu hari atau lebih
tentang beberapa subjek khusus. Kursus tersebut terbatas bagi kelompok khusus dan temanya jarang sekali mempunyai daya tarik yang
universal. Sulit bagi perencana untuk
mengembangkan program yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan setiap
ornag yang terkait.
7.
Kuliah Bersambung
Kuliah
bersambung adalah suatu rangkaian penyajianyang diberikan oleh dosen dengan
periode waktu satu kali per hari satu kali per minggu atau satu kali per tahun.
Keterbatasan
kuliah bersambung adalah dosen harus bekerja keras untuk mempersiapkan
materinya. Ia tidak pernah yakin dapat mencapai oang dan sering harus “belajar
bekerja keras” karena pengalaman menurunnya jumlah hadirin.
8.
Kelas formal
Kelas
formal dalam pendidikan orang dewasa biasanay bergabung dengan program sekolah.
Mereka yang hadir telah menyatakan minat mereka dan telah mendaftar, membayar
uang pendaftaran dan setuju terikat denga peraturan program institusi.
9.
Diskusi Terbuka
Diskusi
terbuka dianggap sebagai salah satu jenis pendidikan orang dewasa yang sangat
penting. Tersirat bahwa mereka yang berperan aktif adalah orangg yang cukup
ahli di dialm proses kelompok untuk memanfaatkan teknik secara penuh.
Merencanakan Pertemuan
1.
Tahap pendahuluan untuk menghbungi orang
2.
Cara menerima peserta
3.
Apa yang akan terjadi dalam pertemuan
4.
Cara mengevaluasi pertemuan
1 komentar:
The Casino Guide 2021 - Real money casinos - Poormans
The Casino Guide is dedicated to all aspects of online gambling 검증사이트목록 and 피망 슬롯 머신 casinos 도박 사이트 that you should know about. Learn everything you need 999betasia to know before 뱃365 you start playing.
Posting Komentar