Blogger Widgets
Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Kamis, 03 April 2014

KONSEP PEMBELAJARAN PAEDAGOGI



RANCANGAN BELAJAR

Anggota Kelompok 2:
1. Byuti Ridha Andini - 121301001
2. Abdul Hakim - 121301024
4. Dewi Suci - 121301053


 
1.      LATAR BELAKANG
a.       Komunitas
-          Jumlah anak                                  : 15-20 orang
-          Latar belakang pendidikan           : TK-B NAMIRA
b.      Kebutuhan Anak                           :
Menurut Sujiono, anak-anak usia 4-6 tahun mengalami banyak perubahan yang sangat berarti, sehingga banyak hal yang layak untuk diberikan pada usia tersebut.
Kemampuan Motorik :
·         Mampu berlari, meloncat, memanjat, dan keseimbangan untuk menguatkan kemampuan motorik kasar yang telah berkembang dengan baik.
·         Peningkatan kemampuan kontrol atau jari tangan seperti mengambil benda-benda kecil, memotong garis dengan gunting, memegang pensil dengan bantuan orang dewasa, merangkai manik-manik kecil
Kemampuan perseptual kognitif :      
·         Menunjukkan minat dalam rasa dan perbedaan aktivitas sensori motor (warna, ukuran atau bentuk, suara, rasa bau, berat)
·         Menunjukkan peningkatan minat dalam angka-angka sedrhana dan kegiatan kebahasaan (menyebutkan nama huruf / suara, menjiplak huruf , melakukan kegiatan-kegiatan dengan buku).
·         Melakukan kegiatan yang lebih bertujuan dan mampu merencanakan suatu kegiatan secara aktif
·         Turut serta dalam pertunjukan seni yang membutuhkan aksi panggung
·         Menunjukkan minat terhadap alam, pengetahuan, binatang, waktu, dan bagaimana benda bekerja

Kemampuan bahasa dan sosial
·         Menunjukkan peningkatan minat dan permainan berpura-pura didalam kelompok   
·         Menunjukkan minat menulis dan membaca kata-kata atau kalimat
·         Menunjukkan minat yang tinggi dalam bermain peran (menciptakan kembali pekerjaan orang dewasa, menggunakan kostum dan alat-alat pentas)
·         Mulai berbagi dan bergiliran-konsep belajar bermain secara adil dan sportif
c.       Waktu
-          Jumlah Pertemuan            : 2 kali dalam seminggu yaitu hari kamis dan sabtu
-          Waktu setiap pertemuan   : 1 jam
d.      Setting Tempat
-          Lokasi                                     : In door
-          Fasilitas yang digunakan         :
ü  Ruangan kelas
ü  Laptop
ü  Meja dan kursi
ü  Alat perekam
-          Lay out ruang                          : Yang sudah disediakan

2.      KONSEP RANCANGAN PEMBELAJARAN
a.       Pertemuan I
·         Tema        : Aku senang bekerja sama
·         Tujuan Pembelajaran
TIU  : Mampu bekerja sama dalam kelompok
TIK :  Dapat bekerja sama menyusun puzzle, dan mampu menyelesaikan tugas secara berkelompok dengan baik



Pembagian Sekuen Pembelajaran :
a)      Perkenalan (5 menit)
Kegiatan diawali dengan salam pembuka dan doa sebelum belajar dilanjutkan dengan perkenalan dari kelompok dan pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang anak
b)      Inti (45 menit)
c)      Penutup (10 menit)
Kegiatan akan ditutup dengan sebuah lagu. Dilanjutkan dengan ucapan terima kasih untuk semangatnya hari ini dan memberikan pertanyaan singkat mengenai perasaan nya selama pembelajaran bersama kelompok. Lalu kelompok membagikan snack  kepada semua anak dan mengucapkan salam perpisahan.

b.      Pertemuan II
·         Tema        : Hewan
·         Tujuan Pembelajaran
TIU  : Mengenal hewan-hewan dengan metode yang menyenangkan
TIK :  Dapat menggunting kertas sesuai bentuk yang ada dalam gambar, mengetahui nama hewan dan mampu menirukan suara beserta gerakannya dan menyanyikan sebuah lagu sambil menirukan bunyi hewan
Pembagian Sekuen Pembelajaran :
a)      Perkenalan (10 menit)
Kegiatan diawali dengan salam pembuka dan doa sebelum belajar dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang kabar anak hari ini. Misalnya : “siapa yang semangat hari ini”, “siapa yang sarapan sebelum berangkat ke sekolah?” atau “Tadi ke sekolah di antar siapa? “. Dilanjutkan dengan nyanyian”Injak bumi, angkat kaki” bersama-sama.
b)      Inti (45 menit)
c)      Penutup (5 menit)
Kegiatan akan ditutup dengan ucapan terima kasih untuk semangatnya hari ini dan memberikan pertanyaan singkat mengenai perasaan nya selama pembelajaran bersama kelompok. Lalu kelompok membagikan snack  kepada semua anak dan mengucapkan salam penutup.

3.      Pembagian Tugas
Adapun pembagian tugas selama kegiatan berlangsung, adalah:
            Pertemuan I
a.       Instruktur kegiatan : Khirzun Nufus.
Adapun tugas dari instruktur adalah sebagai main komunikator yang akan paling banyak berinteraksi dengan peserta didik.
b.      Co-Instruktur Kegiatan : Dewi Suci Armadhani dan Abdul Hakim.
Adapun tugas dari co-instruktur adalah membantu tugas instruktur dalam proses kegiatan.
c.       Observer : Byuti Ridha Andini
Tugas observer adalah mengobservasi jalannya kegiatan, salah satunya melalui metode mencatat dan dokumentasi. Adapun hal-hal yang perlu diobservasi adalah :
-          Instruktur dan co instructur menjadi observee
-          Cara pendekatan observee terhadap anak-anak
-          Tutur kata serta body language observee pada anak
-          Apakah observee sudah memenuhi syarat dalam menciptakan chemistry pada anak
-          Respon anak-anak saat diajak berkenalan
-          Motivasi anak-anak saat diajak untuk menceritakan dirinya serta keluarganya
-          Apakah anak-anak termotivasi karna reward saja
-          Bagaimana observee menurunkan kebosanan anak
-          Keinginan anak saat diajak bernyanyi walaupun tanpa reward
-          Feedback yang diberikan anak kepada observee sebagai orang yang asing bagi mereka.
-          Body language anak

            Pertemuan II
a.       Instruktur kegiatan : Byuti Ridha Andini
Adapun tugas dari instruktur adalah sebagai main komunikator yang akan paling banyak berinteraksi dengan peserta didik, menjelaskan permainan dan memimpin jalannya proses paedagogi.
b.      Co-Instruktur Kegiatan : Khirzun Nufus dan Abdul Hakim.
Adapun tugas dari co-instruktur adalah membantu tugas instruktur dalam proses kegiatan.
c.       Observer : Dewi Suci Armadani
Tugas observer adalah mengobservasi jalannya kegiatan, salah satunya melalui metode mencatat dan dokumentasi. Adapun hal-hal yang perlu diobservasi :
-          Bagaimana observee mengawali perbincangan pada anak
-          Apakah anak-anak masih mengenal kelompok
-          Apakah kelompok memberi kesan yang baik pada anak
-          Cara observee mengajak anak untuk mengikuti perintah mereka
-          Cara anak melakukan tugas yang diberikan oleh observee
-          Penyampaian serta body language anak dalam menceritakan cita-cita mereka
-          Body language guru-guru anak TK terhadap kelompok
-          Kesan anak terhadap datangnya kelompok sebagai orang asing

4.      Alat Bantu yang Digunakan
            Alat bantu yang akan sering digunakan adalah alat-alat tulis yaitu pensil dan penghapus sebagai reward untuk beberapa kegiatan. Kertas HVS bergambar sebagai bahan dalam  pembelajaran di pertemuan pertama. Untuk pertemuan kedua, alat bantu yang digunakan berupa sebuah spido dan papan tulis.


Alokasi waktu
Tujuan
Metode
Pembelajaran
Langkah Kegiatan  Pembelajaran
Alat/Sumber
Belajar
Penilaian Perkembangan
Anak
Selama 25 menit
Bermain puzzle
Pemberian tugas
Pertama-tama instruktur menjelaskan aturan permainan. Lalu anak dibantu instruktur membagi diri menjadi 2 kelompok. Setelah itu instruktur membagi 2 gambar puzzle kepada setiap kelompok. Kemudian anak dibantu instruktur memaksimalkan kemampuannya menyusun puzzle agar kelompoknya bisa menjadi yang tercepat menyelesaikan puzzle. Kelompok tercepat akan diberi hadiah.
2 buah puzzle dan hadiah menarik sebagai reward
Penugasan dan observasi
Selama 20 menit
Menuliskan nama-nama benda dalam bahasa inggris
Menuliskan nama-nama benda di papan tulis dalam bahasa inggris
Instruktur membagi anak kedalam dua kelompok. Lalu anak diarahkan untuk berbaris mengahadap papan tulis menurut kelompok nya. Masing-masing kelompok diberi satu buah spidol. Kemudian anak satu-persatu diarahkan untuk menuliskan satu nama benda dalam bahasa inggris. Anak yang sudah menulis diarahkan untuk berbaris di bagian belakang barisan. Dan begitu seterusnya sampai batas waktu yang ditentukan instruktur. Kelompok yang paling banyak menuliskan nama benda akan diberi reward.
spidol
Observasi, Penugasan






Alokasi waktu
Tujuan
Metode
Pembelajaran
Langkah Kegiatan  Pembelajaran
Alat/Sumber
Belajar
Penilaian Perkembangan
Anak
Selama 15 menit
Menggunting gambar dan menulis
Pemberian tugas
Pertama-tama instruktur membagi kertas yang berisi gambar salah satu hewan. Lalu anak diarahkan untuk mengunting gambar mengikuti garis putus yang ada pada gambar hingga membentuk satu gambar hewan. Kemudian anak diarahkan untuk menulis mengikuti titik-titik yang telah dibuat di tengah-tengah gambar hingga membentuk nama hewan tersebut.
Kertas bergambar hewan, gunting, dan pensil

Penugasan dan observasi
Selama 15 menit
Mengenal hewan
Menebak gambar hewan dan menirukan gerakannya sambil menirukan suaranya
Gambar yang sudah digunting oleh murid akan dikumpulkan. Lalu instruktur menunjukkan satu persatu gambar tersebut sambil bertanya nama hewan tersebut dan mengajak anak menirukan gerakan hewan tersebut sambil menirukan bunyi hewan tersebut
Gambar kertas yang sudah dipotong siswa
Observasi, Penugasan
Selama 15 menit
Bernyanyi “Kandang Pak Tani”
Bernyanyi sesuai arahan instruktur disertai dengan gerakan-gerakannya
Pertama-tama, anak diarahkan untuk berpegangan tangan dan membentuk lingkaran. lalu nyanyian dan gerakan-gerakan pun mulai dilakukan
Siswa -siswa
Observasi, Penugasan


0 komentar:

Posting Komentar