RANCANGAN
BELAJAR
Anggota Kelompok 2:
1. Byuti Ridha Andini - 121301001
2. Abdul Hakim - 121301024
4. Dewi Suci - 121301053
1.
LATAR BELAKANG
a.
Komunitas
-
Jumlah anak : 15-20
orang
-
Latar belakang
pendidikan : TK-B NAMIRA
b.
Kebutuhan Anak :
Menurut Sujiono,
anak-anak usia 4-6 tahun mengalami banyak perubahan yang sangat berarti,
sehingga banyak hal yang layak untuk diberikan pada usia tersebut.
Kemampuan Motorik :
·
Mampu berlari,
meloncat, memanjat, dan keseimbangan untuk menguatkan kemampuan motorik kasar
yang telah berkembang dengan baik.
·
Peningkatan kemampuan
kontrol atau jari tangan seperti mengambil benda-benda kecil, memotong garis
dengan gunting, memegang pensil dengan bantuan orang dewasa, merangkai
manik-manik kecil
Kemampuan
perseptual kognitif :
·
Menunjukkan minat dalam
rasa dan perbedaan aktivitas sensori motor (warna, ukuran atau bentuk, suara,
rasa bau, berat)
·
Menunjukkan peningkatan
minat dalam angka-angka sedrhana dan kegiatan kebahasaan (menyebutkan nama
huruf / suara, menjiplak huruf , melakukan kegiatan-kegiatan dengan buku).
·
Melakukan kegiatan yang
lebih bertujuan dan mampu merencanakan suatu kegiatan secara aktif
·
Turut serta dalam
pertunjukan seni yang membutuhkan aksi panggung
·
Menunjukkan minat
terhadap alam, pengetahuan, binatang, waktu, dan bagaimana benda bekerja
Kemampuan
bahasa dan sosial
·
Menunjukkan peningkatan
minat dan permainan berpura-pura didalam kelompok
·
Menunjukkan minat
menulis dan membaca kata-kata atau kalimat
·
Menunjukkan minat yang
tinggi dalam bermain peran (menciptakan kembali pekerjaan orang dewasa,
menggunakan kostum dan alat-alat pentas)
·
Mulai berbagi dan
bergiliran-konsep belajar bermain secara adil dan sportif
c.
Waktu
-
Jumlah Pertemuan : 2 kali dalam seminggu yaitu hari
kamis dan sabtu
-
Waktu setiap
pertemuan : 1 jam
d.
Setting Tempat
-
Lokasi : In door
-
Fasilitas yang
digunakan :
ü Ruangan kelas
ü Laptop
ü Meja dan kursi
ü Alat perekam
-
Lay out ruang :
Yang sudah disediakan
2.
KONSEP RANCANGAN
PEMBELAJARAN
a. Pertemuan
I
·
Tema : Aku senang bekerja sama
·
Tujuan Pembelajaran
TIU : Mampu bekerja sama dalam kelompok
TIK : Dapat bekerja sama menyusun puzzle, dan mampu menyelesaikan tugas
secara berkelompok dengan baik
Pembagian
Sekuen Pembelajaran :
a) Perkenalan (5 menit)
Kegiatan diawali dengan salam
pembuka dan doa sebelum belajar dilanjutkan dengan perkenalan dari kelompok dan
pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang anak
b) Inti
(45 menit)
c) Penutup (10 menit)
Kegiatan akan ditutup
dengan sebuah lagu. Dilanjutkan dengan ucapan terima kasih untuk semangatnya
hari ini dan memberikan pertanyaan singkat mengenai perasaan nya selama
pembelajaran bersama kelompok. Lalu kelompok membagikan snack kepada semua anak dan
mengucapkan salam perpisahan.
b. Pertemuan
II
·
Tema : Hewan
·
Tujuan Pembelajaran
TIU : Mengenal hewan-hewan dengan metode yang
menyenangkan
TIK : Dapat
menggunting kertas sesuai bentuk yang ada dalam gambar, mengetahui nama hewan
dan mampu menirukan suara beserta gerakannya dan menyanyikan sebuah lagu sambil
menirukan bunyi hewan
Pembagian
Sekuen Pembelajaran :
a) Perkenalan (10 menit)
Kegiatan
diawali dengan salam pembuka dan doa sebelum belajar dilanjutkan dengan
pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang kabar anak hari ini. Misalnya : “siapa
yang semangat hari ini”, “siapa yang sarapan sebelum berangkat ke sekolah?”
atau “Tadi ke sekolah di antar siapa? “. Dilanjutkan dengan nyanyian”Injak
bumi, angkat kaki” bersama-sama.
b) Inti
(45 menit)
c)
Penutup (5 menit)
Kegiatan akan ditutup
dengan ucapan terima kasih untuk semangatnya hari ini dan memberikan pertanyaan
singkat mengenai perasaan nya selama pembelajaran bersama kelompok. Lalu
kelompok membagikan snack kepada semua anak dan mengucapkan salam
penutup.
3. Pembagian
Tugas
Adapun
pembagian tugas selama kegiatan berlangsung, adalah:
Pertemuan I
a. Instruktur
kegiatan : Khirzun Nufus.
Adapun tugas dari instruktur adalah
sebagai main komunikator yang akan
paling banyak berinteraksi dengan peserta didik.
b. Co-Instruktur
Kegiatan : Dewi Suci Armadhani dan Abdul Hakim.
Adapun
tugas dari co-instruktur adalah membantu tugas instruktur dalam proses kegiatan.
c. Observer : Byuti Ridha Andini
Tugas observer adalah mengobservasi jalannya
kegiatan, salah satunya melalui metode mencatat dan dokumentasi. Adapun hal-hal
yang perlu diobservasi adalah :
-
Instruktur dan co
instructur menjadi observee
-
Cara pendekatan
observee terhadap anak-anak
-
Tutur kata serta
body language observee pada anak
-
Apakah observee
sudah memenuhi syarat dalam menciptakan chemistry pada anak
-
Respon anak-anak
saat diajak berkenalan
-
Motivasi anak-anak
saat diajak untuk menceritakan dirinya serta keluarganya
-
Apakah anak-anak
termotivasi karna reward saja
-
Bagaimana observee
menurunkan kebosanan anak
-
Keinginan anak saat
diajak bernyanyi walaupun tanpa reward
-
Feedback yang
diberikan anak kepada observee sebagai orang yang asing bagi mereka.
-
Body language anak
Pertemuan II
a. Instruktur
kegiatan : Byuti Ridha Andini
Adapun tugas dari instruktur adalah
sebagai main komunikator yang akan
paling banyak berinteraksi dengan peserta didik, menjelaskan permainan dan memimpin jalannya proses paedagogi.
b. Co-Instruktur
Kegiatan : Khirzun Nufus dan Abdul Hakim.
Adapun
tugas dari co-instruktur adalah membantu tugas instruktur dalam proses kegiatan.
c. Observer : Dewi Suci Armadani
Tugas observer adalah mengobservasi
jalannya kegiatan, salah satunya melalui metode mencatat dan dokumentasi.
Adapun hal-hal yang perlu diobservasi :
-
Bagaimana observee
mengawali perbincangan pada anak
-
Apakah anak-anak
masih mengenal kelompok
-
Apakah kelompok
memberi kesan yang baik pada anak
-
Cara observee
mengajak anak untuk mengikuti perintah mereka
-
Cara anak melakukan
tugas yang diberikan oleh observee
-
Penyampaian serta
body language anak dalam menceritakan cita-cita mereka
-
Body language
guru-guru anak TK terhadap kelompok
-
Kesan anak terhadap
datangnya kelompok sebagai orang asing
4. Alat
Bantu yang Digunakan
Alat bantu yang akan sering digunakan adalah alat-alat
tulis yaitu pensil dan penghapus sebagai
reward untuk
beberapa kegiatan. Kertas HVS bergambar sebagai bahan dalam pembelajaran di pertemuan pertama. Untuk
pertemuan kedua, alat bantu yang digunakan berupa sebuah spido dan papan tulis.
Alokasi waktu
|
Tujuan
|
Metode
Pembelajaran
|
Langkah Kegiatan
Pembelajaran
|
Alat/Sumber
Belajar
|
Penilaian Perkembangan
Anak
|
Selama 25 menit
|
Bermain puzzle
|
Pemberian tugas
|
Pertama-tama instruktur menjelaskan aturan
permainan. Lalu anak dibantu instruktur membagi diri menjadi 2 kelompok.
Setelah itu instruktur membagi 2 gambar puzzle
kepada setiap kelompok. Kemudian anak dibantu instruktur memaksimalkan
kemampuannya menyusun puzzle agar
kelompoknya bisa menjadi yang tercepat menyelesaikan puzzle. Kelompok tercepat akan diberi hadiah.
|
2 buah puzzle
dan hadiah menarik sebagai reward
|
Penugasan dan observasi
|
Selama 20 menit
|
Menuliskan nama-nama benda dalam bahasa inggris
|
Menuliskan nama-nama benda di papan tulis dalam
bahasa inggris
|
Instruktur membagi anak kedalam dua kelompok.
Lalu anak diarahkan untuk berbaris mengahadap papan tulis menurut kelompok
nya. Masing-masing kelompok diberi satu buah spidol. Kemudian anak
satu-persatu diarahkan untuk menuliskan satu nama benda dalam bahasa inggris.
Anak yang sudah menulis diarahkan untuk berbaris di bagian belakang barisan.
Dan begitu seterusnya sampai batas waktu yang ditentukan instruktur. Kelompok
yang paling banyak menuliskan nama benda akan diberi reward.
|
spidol
|
Observasi, Penugasan
|
Alokasi waktu
|
Tujuan
|
Metode
Pembelajaran
|
Langkah Kegiatan
Pembelajaran
|
Alat/Sumber
Belajar
|
Penilaian Perkembangan
Anak
|
Selama 15 menit
|
Menggunting gambar dan menulis
|
Pemberian tugas
|
Pertama-tama instruktur membagi kertas yang
berisi gambar salah satu hewan. Lalu anak diarahkan untuk mengunting gambar
mengikuti garis putus yang ada pada gambar hingga membentuk satu gambar
hewan. Kemudian anak diarahkan untuk menulis mengikuti titik-titik yang telah
dibuat di tengah-tengah gambar hingga membentuk nama hewan tersebut.
|
Kertas bergambar hewan, gunting, dan pensil
|
Penugasan dan observasi
|
Selama 15 menit
|
Mengenal hewan
|
Menebak gambar hewan dan menirukan gerakannya
sambil menirukan suaranya
|
Gambar yang sudah digunting oleh murid akan
dikumpulkan. Lalu instruktur menunjukkan satu persatu gambar tersebut sambil
bertanya nama hewan tersebut dan mengajak anak menirukan gerakan hewan
tersebut sambil menirukan bunyi hewan tersebut
|
Gambar kertas yang sudah dipotong siswa
|
Observasi, Penugasan
|
Selama 15 menit
|
Bernyanyi “Kandang Pak Tani”
|
Bernyanyi sesuai arahan instruktur disertai
dengan gerakan-gerakannya
|
Pertama-tama, anak diarahkan untuk berpegangan
tangan dan membentuk lingkaran. lalu nyanyian dan gerakan-gerakan pun mulai
dilakukan
|
Siswa -siswa
|
Observasi, Penugasan
|
0 komentar:
Posting Komentar