UTS ONLINE DAN KREATIVITAS
Ujian Tengah Semester kali ini
sangat berkesan karena ada yang berbeda di salah satu matakuliah saya di
Semester 3 ini. Tepatnya matakuliah Kreativitas yang diampuh oleh Ibu Dina,
matakuliah inilah yang pertama kali memberikan pengalaman yang belum pernah
saya jumpai sebelumnya yaitu ujian secara online dengan balas-balasan email. Menurut
saya inilah produk kreatif yang Bu Dina hasilkan karna bagi saya ini terbaru
dalam hidup saya. Dan saya akan mengaitkan produk kreatif ini dengan teori yang
ada dikarang oleh Prof. Dr. Utami Munandar.
Basemer dan Treffinger menjelaskan
bahwa produk dalam hal ini tidak terbatas pada produk komersial, tetapi meliputi
keragaman dari benda atau gagasan. Basemer dan Treffinger menyarankan bahwa
produk kreatif dapat digolongkan menjadi tiga kategori, yaitu :
1. Kebaruan
Menurut
saya UTS online ini sangat baru, karna baru kalli ini saya menjalankannya. Kalau
biasanya ujian itu di kelas dan dilarang buka buka, laen hal sama matakuliah
Kreativitas ini yang boleh dimana aja kita menjawab pertanyaan dan dilegalkan
membuka buka.
2. Pemecahan
(Resolution)
Menurut
saya ini adalah salah satu pemecahan masalah dimana kami juga akan dan pasti
menghadapi ujian-ujian dari matakuliah lain. Di
hari pertama ujian saya tidak lagi memikirkan tentang ujian Kreativitas
dan artinya saya punya banyak waktu buat belajar matakuliah lainnya. Sungguh resolusi
yang sagat kreatif dan efektif.
3. Kerincian
Ujian
online ini tidak sekedar ujian oline biasa tetapi ada juga penilaian dan
feedback dari dosen pengampunya. Dan beruntungnya saya, saya diperbolehkan
menambahkan jawaban no 1 saya yang kurang menambahkan halaman di buku yang saya
pakai sebagai referensi untuk menjawab ujian saya.
Adapun
hukum paten dalam penilaian produk penemuan
1. Kegiatan
intelektual yang bermutu mendahului penemuan/ rekaan.
2. Gagasannya
jelas dalam mengatasi masalah/kesulitan khusus.
3. Jumlah
ekperimentasi yang dilakukan sebelum mencapai produk baru dianggap penting.
4. Sejauh
mana telah mengalami kegagalan.
5. Produk
harus berguna dan merupakan kemajuan.
6. Produk
terutama dinilai kreatif jika ada orang-orang dalam bidang kegiatan tersebut
sebelumnya menunjukkan keragu-raguan tentang kemungkinan penemuan yang baru.
7. Produk
harus memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi.
0 komentar:
Posting Komentar